Arfan Usman: Berantas Pungli Harus Tegas dan Mampu Berikan Efek Jera Kepada Pelakunya

By Bermadah 14 Jun 2024, 14:57:27 WIB Siak
Arfan Usman: Berantas Pungli Harus Tegas dan Mampu Berikan Efek Jera Kepada Pelakunya

BERMADAH.CO.ID, SIAK - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Gratifikasi Kabupaten Siak terus melakukan sosialisasi guna memberi pemahaman tidak hanya kepada pemegang kepentingan namun juga  kepada lapisan masyarakat dan ASN sebagai penyelenggara negara.

Inspektur Daerah kabupaten Siak Faly Wurendaresto mengatakan satuan tugas saber pungli merupakan program Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) kabupaten Siak.

"Hari ini kita laksanakan sosialisasi bagi kalangan pendidikan, masyarakat dan ASN yang berada di dua kecamatan Siak dan Mempura," kata dia di kantor Bupati Siak, Kelurahan Mempura, Kamis (13/06/2024).

Faly menjelaskan, kegiatan ini terlaksana merupakan tindakan dari Pemerintah Kabupaten Siak dalam menanggapi himbauan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Riau untuk melakukan sosialisasi tentang pungli dan penandatanganan komitmen di lingkungan kecamatan ataupun kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

"Memasuki tahun ajaran baru, kita tidak ingin terjadi pungutan liar di sekolah, lingkungan pendidikan Karena itu, sosialiasi ini bagaimana memberikan pemahaman kepada para pemegang kepentingan, lapisan masyarakat dan ASN sebagai penyelenggara akan bahaya nya pungutan liar serta menumbuhkan rasa komitmen bersama-sama untuk saber pungli di lingkungan Kabupaten Siak," tegas mantan Kabag Humas itu.

Bupati Siak Alfedri yang diwakili, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menyebutkan upaya pencegahan terjadinya pungli harus lebih di intensifkan, tidak hanya melalu kegiatan sosialisasi tetapi juga memerlukan tindakan yang represif.

“Pungli dapat mengakibatkan ekonomi gaya tinggi, menghambat pembangunan, merugikan masyarakat, dan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sehingga secara pemberantasan nya harus tegas dan mampu memberikan efek jera kepada pelaku," sebutnya.

Ia juga berharap melalui sosialisasi ini seluruh unsur pemerintah ataupun sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan rasa tanggung jawab sehingga dapat menutup rapat peluang terjadinya pungli.

“Semua unit pelayanan publik harus berada pada koridor aturan yang jelas, tegas dan tersistem dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan efektifitas kinerja dan terwujudnya Kabupaten Siak yang bebas dari pungli dan gratifikasi," jelas Arfan.

Acara tersebut juga di lakukan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2024/2025 oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, perwakilan forkopimda Kabupaten Siak, Inspektur Daerah Kabupaten Siak, Plt.kepala dinas pendidikan Kabupaten Siak, ketua UPP saber pungli, ketua PGRI Kabupaten Siak, ketua dewan pendidikan Kabupaten Siak dan ketua PWI Kabupaten Siak.
(Infotorial)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video