Karnaval Budaya Nusantara JKPI 2024, Siak Tampil Memukau dengan Kostum Bersejarah dan Filosofis

By Bermadah 21 Sep 2024, 17:01:27 WIB Siak
Karnaval Budaya Nusantara JKPI 2024, Siak Tampil Memukau dengan Kostum Bersejarah dan Filosofis

BERMADAH.CO.ID, SIAK - Karnaval Budaya Nusantara Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2024 yang digelar di Patung Bekantan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Jumat malam (20/9/2024). 

Peserta kabupaten Siak berhasil memukau penonton dengan menampilkan kostum bersejarah dan sarat makna filosofis dan peserta dari daerah lain, menampilkan kekayaan budaya Nusantara.

Sekretaris Daerah, Arfan Usman yang hadir dalam karnaval tersebut, Siak menampilkan empat tema kostum yang Menggambarkan aspek-aspek penting dari budaya dan sejarah siak.

Seperti gajah Minas kostum ini terinspirasi dari objek wisata Gajah Minas yang ada di Kecamatan Minas. Gajah melambangkan kekuatan, kebijaksanaan, dan hubungan erat masyarakat dengan alam. Kostum ini menggambarkan kebesaran dan kelestarian alam di kawasan Minas yang menjadi ikon lokal.

Sementara filosofis Kemilau Kota Istana Mengambil inspirasi dari Kota Siak Sri Indrapura, yang dikenal sebagai pusat peradaban kerajaan Melayu di masa lampau, kostum ini mencerminkan kemegahan istana dan warisan budaya yang masih dijaga hingga saat ini. Melalui kostum ini, kilau kejayaan masa lalu Siak ditampilkan dengan megah.

Kemudian, makna Tepak Sirih adalah simbol penyambutan tamu dalam budaya Melayu dan menjadi tema kostum yang diangkat oleh Kabupaten Siak. Terinspirasi dari Tugu Tepak Sirih di Pekanbaru, kostum ini melambangkan keramahan dan penghormatan yang menjadi ciri khas masyarakat Melayu. Tepak Sirih juga menyimbolkan persatuan dan kedamaian.

Dan selanjutnya, makna Serindit Melayu Burung Serindit, yang sangat dikenal dalam budaya Melayu, menjadi inspirasi bagi kostum ini. Burung ini melambangkan kebijaksanaan, keharmonisan, dan keberanian dalam kehidupan sehari-hari yang erat kaitannya dengan adat Melayu. Filosofi hidup yang kaya dan terhormat terpancar melalui kostum Serindit ini.

"Karnaval Budaya Nusantara JKPI 2024 ini bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga menjadi media promosi bagi Kabupaten Siak untuk memperkenalkan warisan budaya dan sejarah kita kepada masyarakat luas. Kami berharap melalui kegiatan ini, Siak dapat dikenal sebagai kota pusaka yang memiliki nilai sejarah dan kearifan lokal yang kaya," ringkasnya.

Karnaval Budaya Nusantara JKPI 2024 ini menjadi momentum bagi Kabupaten Siak untuk menampilkan pesona budayanya dan mempererat hubungan antar daerah di Indonesia melalui warisan budaya yang sarat makna.(rls/Darwis)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video