Penantian Puluhan Tahun, Pesantren di Jakarta Selatan Akhirnya Miliki Sertipikat

By Bermadah 04 Apr 2024, 13:04:18 WIB Nasional
Penantian Puluhan Tahun, Pesantren di Jakarta Selatan Akhirnya Miliki Sertipikat

BERMADAH.CO.ID, SIAK - Dua dekade sudah usia Pondok Pesantren Yayasan Al-Kautsar telah berdiri. Di tahun ke-20 ini akhirnya pondok pesantren yang terletak di tengah permukiman padat warga Jakarta Selatan dengan tinggi bangunan tiga lantai ini akhirnya resmi memiliki kepastian hukum hak atas tanah.

Syamsu Iskandar (78) selaku pendiri yayasan sekaligus seorang yang mewakafkan tanahnya mengaku telah lama mendambakan adanya sertipikat tanah bagi yayasannya. Ia bersyukur, dalam waktu dekat ini merasa telah dikasih jalan dan dipermudah dalam pengurusan sertipikat bagi yayasan yang didirikannya.

"Sekarang baru kita melihat ada jalan, selama ini kita bingung bagaimana ngurusnya, kita tidak tahu, tidak ada informasi. Jadi, saya sebelumnya sudah wakafkan tapi di bawah tangan, namun belum bisa disertipikatkan karena belum tau kepengurusannya," kata Syamsu Iskandar.

Dengan adanya sertipikat, Syamsu Iskandar lebih tenang dan bisa tidur nyenyak sebab ia merasa para santri juga dapat belajar dengan tenang tanpa ada rasa khawatir. "Sudah tidur tenang sekarang sudah ada sertipikat, tidak pernah kita bayangkan bahwa menterinya sendiri mau datang antar ke sini. Kita yang perlu padahal, salut kami sama menteri ini," lanjutnya.

Syahroni, Sekretaris Yayasan Al-Anwar Maaruf yang juga menerima sertipikat kali ini menyampaikan bahwa yayasannya telah berdiri sejak 42 tahun yang lalu. Ia bersyukur negara hadir untuk masyarakat melalui sertipikasi tanah wakaf. "Alhamdulillah hari ini apa yang kami upayakan sejak 42 tahun lamanya masjid Al-Anwar alhamdulillah telah memiliki sertipikat wakaf yang langsung diberikan oleh Pak Menteri AHY," ujarnya.

Kepemilikan sertipikat tanah dianggap penting dalam suatu organisasi. Menurutnya, tanah wakaf perlu ada perlindungan jangan sampai nanti ke depan menjadi permasalahan. "Mudah-mudahan dengan adanya ini permasalahan itu hilang karena kita punya bukti otentik, karena wakaf intinya berhenti memiliki dan ini kita urus atas nama yayasan. Kenapa? Biar milik umat jadi siapa pun nanti generasi penerusnya akan lebih tenang karena sudah punya dasar yang kuat," ucap Syahroni.

"Kami sebagai pengurus yayasan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk terwujudnya sertipikat wakaf, terutama kami telah berkoordinasi dengan RT, RW, KUA setempat dan pihak terkait bahkan sampai Pak Menteri turun untuk memberikan sertipikat. Mudah-mudahan semua diberikan panjang umur sehat selalu dan keberkahan oleh Allah SWT," pungkas Syahroni.

(Siaran Pers/Biro Hubungan MasyarakatKementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video